Thursday, September 19, 2013

Marketing Politik

Pada perkuliahan kali ini, kelas kapita selekta membahas tentang marketing politik yang disampaikan oleh Ibu Sarah Santi, Msi. Marketing dan politik adalah dua hal yang berbeda. Marketing memusatkan perhatian pada bagaimana entitas bisnis berperilaku di dunia usaha dalam memperoleh keuntungan. Sedangkan politik memusatkan perhatian pada keyakinan, prinsip2, ide2 dan perdebatan mengenai kebijakan publik, termasuk juga bagaimana memenangkan pemilu dan mempertahankan kekuasaan. Oleh karena itu marketing politik adalah aplikasi prinsip2 dan prosedur marketing di dalam kampanye politik individu2 maupun oleh organisasi politik.

Sumber: http://mindmata.wordpress.com/2010/01/15/iklan-politik-cermin-perkembangan-politik/

Iklan dan billboard merupakan salah satu bentuk marketing politik karena iklan termasuk dalam marketing. Namun marketing politik bukan hanya sekedar iklan dan memperkenalkan tokoh. Marketing politik dapat digunakan sebagai cara mengemas pencitraan, publik figur dan kepribadian (personality) kandidat dalam pemilihan umum pada masyarakat luas yang akan memilihnya.

Sumber: http://webandikamongilala.wordpress.com/2010/09/06/teori-marketing-politik/

Politik itu terkait dengan voters atau pemilih. Marketing politik muncul karena adanya pergeseran perilaku politik dari aktor politik, media maupun voters. Kini orang tidak lagi memilih partai berdasarkan usia, pekerjaan, agama, suku, dsb. Pemilih menjadi rasional dan kritis sehingga Modernisasi Politik melakukan pergeseran ke Politik Persepsi dan berlanjut menjadi Political Impression Management. Selanjutnya Political Impression Management menjadi Political Marketing Tools yang menghasilkan Positioning Kandidat Politik dalam pasar pemilih.

Marketing politik memiliki dampak antara lain:

  • Amerikanisasi dunia politik
  • Kehidupan berpolitik hanya melahirkan komersialisasi politik yang mereduksi arti berpolitik itu sendiri dan isinya hanya transaksi politik
  • Menjauhkan masyarakat atas ikatan ideologi sebuah partai dengan massa/konstituennya

Marketing Politik tidak menjamin kemenangan elektoral, tetapi menyediakan tools bagaimana menjaga hubungan dengan pemilih untuk membangun kepercayaan dan selanjutnya memperoleh dukungan suara.

No comments:

Post a Comment